Categories
Uncategorized

CUSTOM CASE HANDPHONE

Apa custom case handphone itu? mungkin masih banyak yang bingung, jika custom case hp itu kita nyetak bahan casingnya sendiri, atau hanya gambarnya saja? Jadi jika custom case hp itu kita hanya mencetak gambarnya saja, Bahan dasar casingnya sendiri kita dapat membeli dari supplier dan case hpnya yang polosan, nah setelah itu baru kita dapat mencetak gambarnya, jadi jangan sampai salah mengerti yah.

Untuk bahan membuat case sendiri itu kita ada 7 yaitu :

  • Hardcase bening transparan
  • Softcase FDT 
  • Softcase transparan 
  • Anticrack softcase 
  • Fullprint
  • AGS
  • Blackmatte softcase

Nah karena kita megambil bahan custom case handphone itu dari importir, jadi tiap bahanyang dipilih  ini punya ketersediaan tipe handphone masing masing, contoh huawei honor 4x itu hardcase beningnya ada, tapi untuk anticracknya tidak ada, 

Apa saja perbedaan dari 7 bahan case hp tersebut, berikut merupakan penjelasan untuk setiap bahannya :

TIPE CASE HPK /LTransparan /TDKKEUNGGULANPRICE TEKHNIK PRINT
AGSlenturtransparanpermukaan glossy + murah30rbsticker tempel
Blackmatte softcaselenturtidakCase berbahan full hitam doff elegan50rbUV
Fullprintkerastidakgambar bisa sampai sisi samping50rbsublim
Hardcase mikakerastransparankeras dan bening50rbUV
Softcase transparantlenturtransparanbahan tipis, nyaman dipakai50rbUV
Anticracklenturtransparantahan banting50rbUV
Softcase FDTlenturtidakbahan lebih tebal50rbUV

Jadi setiap bahan  mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, Selain dari bahannya yang berbeda teknik print yang digunakan juga berbeda, berikut adalah teknik-teknik print yang digunakan adalah :

 UV PRINT

Teknik cetak uv printing adalah teknik cetak yang pada proses mencetak custom case hp seperti hardcase (non fullprint), softcase, softcase FDT, anticrack, emoney, dan popsocket. UV printing ialah teknik dimana print head bergerak kiri ke kanan untuk mencetak bagian belakang case yang ditaruh, tinta di semprotkan pada media, sementara sinar UV berfungsi untuk mengeringkan tinta. tekhnik cetak UV printing biasanya diaplikasikan pada media yang berbidang rata, printhead bergerak secara horizontal kiri dan kekanan, jadi apabila ada benda bundar yang di print, print UV ini kurang baik jika meprint bentu bundar karena hanya sisi bagian atasnya sajalah yang akan terkena tinta (ini sekaligus menjelaskan kenapa pada casing yang di print menggunakan UV, sisi kiri dan kanan tidak dapat di print). tinta UV memiliki ketahanan yang kuat setelah case yang dicetak kering, hal ini lah yang membuat gambar tidak akan luntur.

Contoh hasil UV print :

SUBLIM PRINT

Teknik cetak Sublim ialah salah satu tekhnik cetak yang  menggunakan transfer paper dan nanti gambarnya akan terpindah pada saat mencapai pada suhu panas tertentu. casing yang masih polos di tempelkan pada  gambar dan dimasukan ke dalam satu  mesin, dan nantinya proses berpindahnya gambar akan terjadi. kelebihan dari teknik ini ialah gambarnya dapat diaplikasikan mulai dari bidang yang rata hingga bahan yang melengkung sekalipun. Barang yang dicetak dengan tekhnik ini antara lain ialah  casing hp fullprint dan gelas. namun kriteria case hp yang dapat memakai teknik ini rata rata adalah barang yang solid alias tidak menciut jika terkena suhu yang panas. untuk ketahanan gambar itu sendiri sangat kuat karena pada saat barang sudah jadi, tinta sudah menyatu dengan bahan.

Contoh hasil jadi fullprint :

PRINT AND CUT (TEMPEL)

Yang terakhir adalah teknik  print and cut, lalu tempel adalah teknik yang di pakai pada bahan AGS jadi garis besarnya ialah  : sebuah bahan sticker khusus  print dengan gambar yang di inginkan, lalu potong sesuai lubang dengan handphone yang ingin di tempel, lalu nantinya setelah sesuai, akan di tempelkan  pada bagian dalam casing, jadi permukaan casing tetap terlihat glossy.  Hasilnya dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *