Categories
Uncategorized

4 Perbedaan Mendasar Antara Hard Case dan Soft Case pada Case Handphone

Perbedaan case handphone yuk cek dibawah ini :

1. Material / Bahan

Case handphone

Material atau bahan yang digunakan merupakan perbedaan utama antara casing keras (hardcase) dan casing lembut (softcase). Casing hp yang keras (hardcase) biasanya terdiri dari material plastik solid, sedangkan casing hp yang lunak (softcase) terbuat dari bahan yang fleksibel, seperti silikon atau termoplastik poliuretan (TPU).

Pada mulanya beberapa pabrik menggunakan bahan polikarbonat dan plastik ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) untuk membuat casing berbahan keras. Polikarbonat dikenal material yang tahan terhadap peregangan dan pembengkokan, tahan suhu tinggi, transparansi yang baik dan tidak beracun, dan tahan dalam kondisi buruk, seperti cuaca dingin atau panas jadi dikenal sebagai material  yang cukup kuat.

Sementara itu, bahan ABS memiliki intensitas yang lebih rendah dan tidak dapat menahan suhu tinggi atau panas, tetapi memiliki fluiditas yang baik, sehingga bahan materialnya  akan lebih  mudah diwarnai dan disemprot. Dengan demikian, casing berbahan keras ABS memungkinkan untuk diproduksi dalam beragam desain dan warna.

Nah, saat ini anda  dapat membeli casing keras dengan gabungan polikarbonat dan plastik ABS. Hasilnya adalah produk yang digunakan memiliki ketahanan yang sangat bagus terhadap guncangan dan bentura selain itu memiliki desain tampilan yang bermacam-macam.

Lalu, apa saja keunggulan dari material atau bahan TPU dan silica gel yang banyak digunakan pada casing hp lunak (softcase)? Berikut adalah keunggulan dari TPU :

  • Memiliki banyak tingkatkan kekerasan dengan mengubah rasio komponen reaksi TPU. Hasil dari pabrik bisa memproduksi  casing handphone berbahan lunak dengan tingkat kekerasan yang berbeda-beda sesuai dengan permintaan dengan tetap mempertahankan elastisitasnya. Kekerasan yang berbeda-beda sesuai dengan permintaan dengan tetap mempertahankan elastisitasnya.
  • Material TPU memiliki daya dukung beban yang paling baik, tahan terhadap benturan, dan penyerapan guncangan.
  • Tahan suhu dingin yang cukup ekstrim karena temperatur transisi kaca TPU yang relatif sangat rendah. Casing lunak TPU tetap dapat mempertahankan elastisitas, fleksibilitas, dan sifat fisik lainnya pada suhu  hingga minus 35 derajat.
  • Material TPU memiliki kinerja pemrosesan yang cukup baik karena dapat menggunakan metode pemrosesan produk bahan termoplastik yang umum, seperti cetakan injeksi, ekstrusi, penggulungan, dan sebagainya.
  • Silica gel memiliki fitur yang sangat elastisitas , ketahanan aus pada hp, perlindungan lingkungan dan ketahanan terhadap suhu tinggi.

2. Tingkat Proteksi

Seperti yang sudah jelaskan di atas, casing keras (hardcase) memiliki kemampuan melindungi perangkat yang lebih bagus. Beberapa model casing hp keras dilengkapi dengan beberapa fitur yang memiliki tingkat proteksi atau perlindungan yang lebih tinggi (military grade hard case).

Hanya saja casing keras (hardcase) memiliki bentuk yang cukup besar dan tebal. Hasilnya pada saat digunakan bentuk asli Handphone tidak terasa saat digenggam. Jika anda suka melakukan banyak kegiatan di luar ruangan (outdor), casing keras sangat cocok digunakan untuk melindungi Handphone dari sejumlah masalah yang akan terjadi selama perjalanan.

Sementara itu, casing lunak( (softcase) tidak memiliki tingkat proteksi yang tinggi. Bahkan jika material atau bahan yang digunakan terlalu lunak, maka Handphone bisa dengan mudah terlepas saat terjatuh. Casing lunak lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari untuk melindungi body Handphone dari goresan-goresan benda yang tajam.

3. Desain

Beberapa casing hp berbahan keras dengan spesifikasi yang tinggi biasanya memiliki desain-desain yang kebanyakan macho, sehingga lebih cocok digunakan pada pria. Sebaliknya sejumlah model casing hp berbahan lunak dirancang lebih feminim sehingga cocok dipakai pengguna wanita saja.

4. Harga

Casing hp berbahan keras (hardcase) biasanya memiliki harga jual yang lebih tinggi dari casing lunak. Bahkan anda harus menyiapkan uang yang cukup banyak dengan nominal mencapai ratusan ribu rupiah jika ingin membeli casing keras (hardcase) dengan tingkat proteksi yang sangat tinggi. Sebaliknya, anda dapat mendapatkan sebuah casing lunak (softcase) hanya dengan harga mulai dari 10 ribu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *